Genre Musik Menentukan Karakter Seseorang



Genre Musik Menentukan Karakter Seseorang

Musik adalah gambaran dari jiwa seseorang yang dituangkan melalui bunyi atau ritme " (Pano Banoe).
Musik juga merupakan bahasa universal yang mampu dipahami oleh semua orang di dunia ini ,dimanapun orang tersebut tinggal, tidak perduli apa bahasa yang digunakan dalam membuat sebuah lagu tersebut, yang terpenting jika lagu tersebut bagus pasti akan dapat menjadi lagu hit dimanapun lagu tersebut akan diperdengarkan.

Didalam kehidupan yang dihubungkan dengan genre musik yang menjadi idola seseorang, ternyata setiap kepribadian seseorang dapat dilihat dari genre musik apa yang paling disukainya.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot Watt University, Edin Bugh, Inggris. North adalah seorang ahli psikologi musik.

Pada penelitian tersebut, telah dilakukan survey terhadap 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda, kemudian selera musik tersebut dihubungkan dengan kepribadian yang dimiliki oleh para responden tersebut. Bagaimana hasilnya? Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter seseorang.

Sebelum membahas jenis musik dan tipe karakter, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari genre musik itu.

Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripan satu sama lain. Musik dapat dikelompokan sesuai dengan kriterianya. Misal : geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh tehnik musik, gaya, konteks dan tema musik.

Pengelompokan secara aliran atau gaya, seperti :

1.  Musik Klasik

Biasanya merujuk pada musik klasik Eropa, tetapi ada juga musik klasik Persia, India dan lain-lain. Musik klasik kebanyakan berbentuk instrumental.

2.  Musik Jazz

Jenis musik ini tumbuh dari penggabungan blues, ragtime musik Eropa terutama musik band beberapa subgenre. Jazz adalah Dix Island, Free Jazz, smooth jazz & caf jazz.

3.  Musik Blues

Blues berasal dari masyarakat Afro-Amerika yang berkembang dari musik Aftika barat. Jenis ini kemudian mempengaruhi banyak genre musik pop saat ini termasuk Rag time, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, contry, musik pop.

4.  Musik Rock

Dalam pengertian paling luas meliputi hampir semua musik pop, sejak awal tahun 1950 an. Bentuk paling awal dari rock & roll adalah perpaduan berbagai genre. Di akhir tahun 1940 an musisi seperti Berry, Bill Haley, Buddy Holley dan Elvis Presley. Pada tahun 1960 muncul beberapa group musik dari Inggris yaitu  The Beatles, yang kemudian menjadi populer.

5.  Musik Rap

Musik rap atau hip hop dapat dianggap  subgenre R&B. Dimulai awal tahun 1970 an dan tahun 1980 an musik ini mulai berkembang dipantai timur AS disebut East Coast Hip Hop. Pada sekitar tahun 1992 musik hip hop dari pantai barat mulai terkenal dengan nama West Coast Hip Hop.

6.  Musik Country

Musik tradisional country dipengaruhi oleh blues, dan berkembang dari budaya Amerika kulit putih terutama dikota Nask Ville. Beberapa artis country awal adalah Merle Haggard dan Buck Owens.

7.  Musik Reggae

Musik reggae adalah perpaduan dari musik R&B dan musik tradisional mento dari Jamaika muncul ska, kemudian berkembang menjadi reggae dan dub.

8.  Musik Funk

Musik funk adalah sebuah aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika.
Umumnya musik funk dapat dikenali dari ritme yang sering terpotong, singkat. Bunyi gitar, ritme yang tajam, perkusi dan dominan, pengaruh jazz yang kuat.


Hasil survey menunjukkan bahwa jenis musik atau genre dapat mewakili tipe karakter seseorang. Yuk kita lihat ulasan berikut :

1.  Musik Klasik

Apabila kita menyukai musik klasik seperti Bethoven, maka kita termasuk orang yang mempunyai harga diri, kreatif, tetapi agak sedikit tertutup pada lingkungan sekitar.

2.  Musik Jazz

Apabila kita menyukai musik seperti Antonios'Song (The Rainbow) - Michael Franks berarti kita termasuk orang yang kreatif, yang menghargai diri sendiri, outgoing dan santai.

3.  Musik Blues

Apabila menyukai musik seperti BB king - Since I met you baby, kita termasuk orang yang kreatif, mencintai diri sendiri (tetapi bukan narsis), mudah bergaul dan cenderung easy going dalam menghadapi banyak hal.

4.  Musik Rap

Apabila menyukai musik seperti Iwa K - Melayang, maka kita termasuk orang yang mudah bersosialisasi dan penuh kebanggaan.

5.  Musik Rock

Apabila menyukai musik seperti Black dog - Led Zeppelin, maka kita termasuk orang yang memiliki kepribadian yang cukup sensitif, mempunyai jiwa kreatif dan santai, kurang menyukai kerja keras dan sedikit sulit bersosialisasi.

6.  Musik Country

Apabila menyukai musik seperti Take me home - John Denver, maka kita termasuk orang yang mempunyai pribadi yang pekerja keras dan mudah bergaul.

7.  Musik Reggae

Apabila menyukai musik seperti Bob Marley - No Woman No Cry, maka kita termasuk orang yang mempunyai kretifitas tinggi, sensitif, santai, mudah bersosialisasi tetapi santai dalam menghadapi hidup.

8.  Musik Dance

Apabila menyukai musik seperti Get down on it -  Kool & the going, maka kita termasuk orang yang suka beriteraksi dalam bergaul, mempunyai kreatifitas tinggi, kurang lembut dan cenderung lugas.

Nah, termasuk genre musik manakah yang paling kita sukai, maka otomatis kita akan mempunyai kepribadian yang hampir sama dengan uraian diatas.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang GENRE MUSIK MENENTUKAN KARAKTER SESEORANG , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar